Home Seputar Islam 10 Doa Pendek yang Mudah Dihapalkan untuk Buah Hati Anda

10 Doa Pendek yang Mudah Dihapalkan untuk Buah Hati Anda

by Indah Nur Laeli

Progresif Editorial – Memiliki anak yang shaleh merupakan impian setiap orang tua. Dalam Islam, anak merupakan aset di dunia dan akhirat, doa anak yang shaleh merupakan penyelamat bagi kedua orang tuanya.

Alasan tersebut yang menjadikan para orang tua untuk mengajarkan doa-doa pendek kepada anak kita. Menanamkan kebiasan semenjak dini merupakan usaha dari para orang tua. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan penanaman ilmu agama di rumah dan sekolah.

Menghafal doa sehari-hari dapat menjadi alternatif untuk menanamkan pendidikan agama sejak dini. Islam sendiri merupakan agama yang telah mengatur segala aspek kehidupan, oleh karenya doa-doa pendek yang dapat dihafalkan pun juga beragam. Berikut doa-doa pendek yang mudah dihafalkan:

Doa Sebelum Makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma baariklana fii ma razaqtana wa qina adzabannar”

Artinya, “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.” (HR. Ibnu Sunni).

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“َAlhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiim”

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Doa Sebelum Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا للهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardho lillahi ta’alaa

Artinya, “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya, “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli tobat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Doa Mendengar Orang Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ

Baca Juga:  Waktu Diperbolehkannya Takbiran saat Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik

Artinya: “ Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu.”

Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Artinya, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Doa sebelum Belajar

رَضِيتُ بِااللهِ رَبَّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاً رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًـا وَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Artinya, “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَّمْتَنِيْهِ، فَارْدُدْهُ إِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ إِلَيْهِ وَلَا تُنْسِنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Doa Masuk Masjid

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya, “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Doa Keluar Masjid

اَللهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Artinya, “Ya Allah, semoga Engkau berkenan mengisi hatiku, lisanku, pandanganku, pendengaranku, arah dari sisi kananku, arah dari sisi kiriku, arah dari sisi atasku, arah dari sisi bawahku, arah dari sisi depanku, arah dari sisi belakangku adalah cahaya hidayah-Mu, dan Semoga Engkau berkenan melindungiku dengan cahaya hidayah-Mu pula.”

[ind/zed]

Related Posts

Leave a Comment