Home Seputar Islam 5 Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

5 Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

by Indah Nur Laeli

PROGRESIF EDITORIAL-Shalat Idul Adha merupakan ibadah sunah muakad yang dilakukan saat hari raya Idul Adha. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah lainnya, syarat dan rukun sholat Idul Adha mirip dengan sholat lainnya. Sholat Id atau sholat Idul Adha dilaksanakan dua rakaat secara berjamaah dan terdapat khutbah setelahnya. Namun, bila terlambat datang atau mengalami halangan lain, boleh dilakukan secara sendiri-sendiri (munfarid) di rumah ketimbang tidak sama sekali.

Berikut beberapa amalan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha:

Tidak makan terlebih dahulu

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha yang pertama adalah tidak makan terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan Idul Fitri yang disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat.

Mengumandangkan takbir

Pertama, mengumandangkan takbir di masjid-masjid, musala dan rumah-rumah pada malam hari raya, dimulai dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada saat sholat Id.

Mandi

Kemudian kedua, mandi sebelum salat Id. Hal ini boleh dilakukan mulai pertengahan malam, sebelum waktu subuh, dan yang lebih utama adalah sesudah waktu subuh, dikarenakan tujuan dari mandi adalah membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap, dan membuat badan menjadi segar bugar, maka mandi sebelum waktu berangkat adalah yang paling baik

Memakai wewangian

Sholat Idul Adha dianjurkan mengawalkan waktu untuk dilakukannya demi memberi kesempatan yang luas kepada masyarakat yang hendak berkurban selepas rangkaian sholat Id.

Menggunakan pakaian terbaik

Di mana maksud dari pakaian terbaik tak berarti harus mahal, melainkan pakaian yang paling pantas digunakan untuk beribadah.

.

Baca Juga:  Benarkah Orang yang Berkurban Tidak Boleh Makan Daging Kurbannya?

Related Posts

Leave a Comment