Home
by admin

Progresif Editorial adalah salah satu media online di Indonesia, yang menghadirkan wacan edukatif keislaman. Diawali dengan hadirnya Progresif TV, kami terus ber

komitmen untuk menyajikan informasi yang tepat dan lugas.

Dengan tagline “Mata Air Kearifan” kami terus mencoba menyajikan wacana yang dapat menjadi inspirasi dan memiliki nilai lebih.

Tujuannya adalah memberikan informasi edukasi islam yang tepat dan lugas. Tidak hanya itu, Progresif editorial juga menyajikan berita terkini seputar gaya hidup, kesehatan, dan hiburan.

Selamat datang di Progresif Editorial

Kami berusaha untuk menjaga kepercayaan Anda dengan melindungi informasi yang bersifat pribadi dan rahasia. Dengan mengunjungi dan mendaftarkan diri sebagai anggota Progresif Editorial maka pengguna setuju untuk terikat dan mematuhi semua syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi kami. Syarat dan kondisi dapat berubah dari waktu ke waktu dan perubahan ini tidak akan diberitahukan kepada anda melalui pengumuman pada Progresif Editorial, karena itu kami berharap para pengguna mengecek secara berkala apa yang termuat di sini. Jika Anda tidak setuju untuk terikat dan mematuhi semua syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi kami, jangan mengakses atau menggunakan layanan ini.

Ketentuan pengguna Progresif Editorial akan menjelaskan cara kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkap dan melindungi berbagai informasi yang berhubungan dengan penggunaan situs Progresif Editorial. Situs ini dimiliki dan dioperasikan oleh Progresif Digital Media.

Disclaimer

Progresif Editorial berhak sepenuhnya untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/ atau menghapus data/ informasi yang disampaikan oleh pembaca, disesuaikan dengan kaidah dan nilai yang berlaku yang tercermin dalam kanal-kanal Progresif Editorial. Dan hal ini berlaku mutlak.

Ketentuan Informasi Akun Pengguna

Narasi mengumpulkan beberapa informasi terkait pengguna yang datang ke situs Progresif Editorial. Pengguna secara sukarela memasukkan data diri yang ada di kolom isian. Progresif Editorial akan melindungi data pribadi Anda dan akan menyimpan rekaman aktivitas pengguna, baik dalam menuliskan komentar atau membagikan ke pihak ketiga. Hal ini dilakukan semata untuk mengetahui preferensi pengguna.

Ketentuan Informasi dari Pihak Ketiga

Saat pengguna memasuki/ mendaftarkan data ke Progresif Editorial dari pihak ketiga (Google/ Twitter/ Facebook dan lain sebagainya), pengguna setuju untuk memberi akses data pribadi pihak ketiga tersebut kepada Progresif Editorial. Data pribadi akan digunakan untuk memperbaiki layanan Progresif Editorial kepada para pengguna.

Ketentuan Data Lokasi

Data lokasi meliputi koordinat GPS dan sejenisnya dapat terekam oleh layanan Progresif Editorial saat pengguna mengakses situs. Data lokasi ini menghadirkan informasi mengenai cara pengguna mengakses Progresif Editorial serta ketepatan layanan untuk pengguna.

Ketentuan Komunikasi Komersial

Progresif Editorial dapat mengirimkan email berupa newsletter dan promosi. Terdapat pilihan bagi pengguna yang tidak ingin menerima informasi ini.

Ketentuan Penggunaan Informasi Mengenai Pengguna

Informasi pengguna berupa cookies, log file, device identifiers, data lokasi dan informasi clear gifs Progresif Editorial gunakan untuk memudahkan pengguna mengakses kembali layanan tanpa perlu memasukkan ulang informasi, menyediakan konten dan informasi personal.

Pengguna harus menyesuaikan pengaturan profil. Progresif Editorial tidak akan memberikan atau memperjualbelikan informasi pengguna kepada pihak ketiga, selain rekanan bisnis untuk menyediakan layanan. Informasi publik dapat dilacak dan ditemukan oleh pengguna lainnya. Jika ada informasi yang dihapus, jejaknya dapat kembali dilihat di halaman cached dan archived layanan, atau apabila pengguna lain sudah membuat saduran atau menyimpan informasi terkait.

Progresif Editorial berhak menjual atau mengalihkan Narasi beserta saham-sahamnya, maupun kombinasi produk, layanan, aset dan/ atau bisnis. Informasi pengguna seperti nama, alamat email, user content dan informasi pengguna lainnya dapat termasuk dalam transaksi.

Pertanyaan

Pertanyaan apapun sehubungan dengan kebijakan privasi dapat langsung dikirimkan melalui surat elektronik ke: tvprogresif@gmail.com

Perubahan pada ketentuan pengguna kami

Progresif Editorial memberikan informasi jika ada perubahan kebijakan privasi. Kebijakan privasi ini diperbaharui pada tanggal 23 Februari 2022.

Kewajiban

Dengan mengakses dan menggunakan layanan ini berarti Anda menyatakan dan menjamin untuk tunduk pada hukum dan peraturan di wilayah Republik Indonesia dan Anda dengan ini dilarang untuk:

  • Menyinggung, memicu konflik yang melibatkan suku, agama, ras dan hubungan antar kelompok.
  • Melanggar hukum, mengancam, kasar, melecehkan, memfitnah, mencemarkan, sedang berbohong, curang, atau kebencian pada orang atau kelompok tertentu.
  • Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa batasan, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas atau hak milik lainnya.
  • Menganiaya, melecehkan, merendahkan atau mengintimidasi individu atau kelompok individu berdasarkan agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia atau cacat fisik.
  • Melanggar norma kesusilaan, cabul, pornografi.
  • Menganjurkan atau menyarankan tindakan yang melanggar hukum.
  • Memuat kata-kata atau gambar yang kasar, kotor, jorok, dan sumpah serapah.
  • Menyebarkan ideologi tertentu atau doktrin yang pada prinsipnya dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  • Menyebarkan file atau program yang berisi virus atau kode komputer lainnya atau file atau program yang merusak, mengganggu atau membatasi fungsi dari software atau hardware komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.
  • Melanggar Syarat dan Ketentuan, pedoman atau kebijakan yang ada di narasi.tv

Hukum

Syarat-syarat dan kondisi dalam kebijakan privasi ini tunduk kepada kode etik jurnalistik yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Syarat dan Ketentuan berlaku bagi setiap pengguna Progresif Editorial.

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut

Ruang Lingkup

Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

Verifikasi dan Keberimbangan Berita

Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

  • Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
  • Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
  • Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
  • Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

  • Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
  • Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
  • Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

  • Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
  • Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
  • Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

Pencabutan Berita

Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

Iklan

Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ‘advertorial’, ‘iklan’, ‘ads’, ‘sponsored’, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012 (Peraturan Dewan Pers Nomor: 1/Peraturan-DP/III/2012 Tentang Pedoman Pemberitaan Media Siber)